Logo
Sign In

Sunday, 02 June 2024

Wisata Kuliner Jogja, Pernah Muncul di Film Indonesia Hingga Tempat Asik Untuk Nostalgia!

Jogja memang merupakan salah satu destinasi wisata favorit para pelancong. Banyak tempat wisata terkenal mulai dari yang menghibur hingga mengedukasi. Selain itu, Jogja juga sangat dikenal akan kuliner yang sangat beragam dan tentunya ramah dikantong.

Jadi jangan khawatir kantong jebol untuk menikmati wisata kuliner Jogja. Berikut destinasi wisata kuliner Jogja yang bisa kamu kunjungi:

1. Gudeg Mbah Lindu

Sumber gambar: Liputan6.com

Sumber gambar: Liputan6.com

Gudeg Mbah Lindu merupakan wisata kuliner Jogja yang wajib kamu kunjungi. Pasalnya penjualnya sudah hampir satu abad usianya. Untuk rasa gudegnya sudah tidak diragukan lagi, khas Jogja banget. Sehingga tidak heran kalau antreannya mengular dan menjadi favorit wisatawan.

Wisata kuliner Jogja satu ini buka pada pukul 05.00 hingga 11.00. Cukup dengan Rp15.000 saja kamu bisa menikmatinya. Lokasinya terdapat di Sosrowijayan, Sosromenduran, Kecamatan Gedong Tengen, Jogja.

2. Sate Klathak Pak Bari

Sumber gambar: Wiradesa.co

Sumber gambar: Wiradesa.co

Sate klathak Pak Bari yang laris semenjak muncul pada film AADC 2 yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Dian Sastro Wardoyo memiliki rasa yang sangat menggoda.

Sate klathak ini memiliki ciri khas yaitu disantap dengan gulai kambing yang rasanya mantap. Wisata kuliner Jogja ini buka pada pukul 18:30 hingga jam 01.00 malam, dengan harga Rp20.000 saja. Lokasinya berada di Imogiri, Wonokromo, Bantul, Jogja.

3. Soto Bathok Mbah Katro

Sumber gambar: yogyes.com

Sumber gambar: yogyes.com

Wisata kuliner Jogja satu ini juga menjadi salah satu yang perlu kamu datangi yaitu soto Bathok Mbah Katro. Sebab, di sini kamu bisa menikmati daging sapi yang kenyal dipadu dengan kuah bening yang segar.

Menikmatinya pun di tengah hamparan sawah yang berada di Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Soto bathok ini juga sangat cocok disantap dengan sajian lainnya seperti sate usus, tempe goreng, dan juga sate puyuh. Untuk jam bukanya sendiri dimulai pada pukul 06.00 hingga 16.00 WIB. Kamu bisa menikmati sajian mulai dari Rp5.000 setiap porsi.

4. Oseng Mercon Bu Narti

Sumber gambar: angkutkoper.com

Sumber gambar: angkutkoper.com

Oseng-oseng yang terdiri dari daging, kikil, tulang muda, kulit dan juga cabe rawit yang super banyak menjadi salah satu favorit wisata kuliner Jogja yang berlokasi di Ngampilan, Jogja.

Jam operasional dari Oseng Mercon Bu Narti mulai pukul 18.00 hingga 23.00 WIB, dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp15.000.

5. Mangut Lele Mbah Marto

Sumber gambar: yogyes.com

Sumber gambar: yogyes.com

Mangut lele adalah kuliner wisata jogja berupa lele asap. Uniknya, sajian ini dilengkapi dengan kuah santan bercita rasa pedas.

Lokasi nya berada di Parangtritis, Sewon, Panggungharjo, Kab. Bantul, Jogja dan kamu harus rela blusukan ke kampung-kampung untuk menemukan Mangut Lele Mbah Marto ini. Kamu bisa datang ke lokasi pada pukul 09.00 sampai 16.00 WIB dengan harga Rp25.000 setiap porsinya.

6. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Sumber gambar: Detik Travel

Sumber gambar: Detik Travel

Jogja juga dikenal dengan banyaknya jumlah angkringan. Namun angkringan Kopi Jos Lik Man-lah yang jadi rekomendasi wisata kuliner Jogja. Menu sate, sego kucing, gorengan dan juga Kopi Jos yang khas yaitu dengan mencelupkan arang panas pada kopi tersebut memberikan kenikmatan pada menu angkringan Kopi Jos Lik Man.

Sebagai kuliner malam, tentunya angkringan ini dibuka sejak petang, yakni mulai 21.00 hingga 02.00 WIB. Kamu bisa menyantap makanan dengan harga mulai dari Rp20.000 untuk setiap porsi. Lokasinya cukup strategis yaitu samping stasiun kereta api Yogyakarta.

7. Es Buah PK

Sumber gambar: @mampirmakan

Sumber gambar: @mampirmakan

Es Buah PK yang sudah eksis sejak 1973 menjadi salah satu wisata kuliner Jogja yang perlu kamu cicipi. Meskipun berjualan tenda kaki limas, kuliner legendaris ini tidak pernah sepi pengunjung.

Es buah PK ini berisi cincau hitam, nangka, alpukat, sawo, kelapa muda, parutan es, serta susu cokelat. ES buah PK mulai berjualan pada pukul 09.00 hingga 18.00.

Harganya juga murah yaitu Rp8.000 sehingga membuat antrian menyemut di lokasi. ES buah PK berlokasi di Pakuningratan, Cokrodiningratan, Jetis, Jogja.

Jangan sampai terlewatkan untuk mencicipinya, ya!

  1. Keywords:
  2. Wisata Kuliner Jogja
  3. Gudeg Mbah Lindu
  4. Sate Klathak Pak Bari
  5. Soto Bathok Mbah Katro
  6. Oseng Mercon Bu Narti
  7. Mangut Lele Mbah Marto
  8. Angkringan Kopi Jos Lik Man
  9. Es Buah Pk
  10. Sosrowijayan, Jogja
  11. Imogiri, Bantul, Jogja
  12. Candi Sambisari, Sleman
  13. Ngampilan, Jogja
  14. Parangtritis, Bantul, Jogja
  15. Pakuningratan, Jogja