Logo
Sign In

Sunday, 02 June 2024

Bingung Pilih MacBook Pro Atau Air? Yuk Simak Perbedaan Keduanya!

Ingin punya laptop yang simple dan ringkas? MacBook bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Produk rilisan Apple ini semakin banyak peminat karena menawarkan fitur-fitur yang inovatif dan canggih.

Saat Anda sudah memutuskan untuk membeli MacBook, mungkin Anda akan kembali merasa dilema memilih MacBook Air atau Macbook Pro. Tentunya kedua produk tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Lalu MacBook mana yang cocok untukmu? Yuk, simak perbedaan kedua produk Apple ini.

1. Desain dan Ukuran

source: pexels

source: pexels

Perbedaan Macbook Pro dan Air jika dilihat dari segi desain memang tidak begitu mencolok. Keduanya memiliki bodi aluminium dengan permukaan dengan warna matte yang sangat khas.

Kedua MacBook ini terlihat jelas pada ukurannya. MacBook Pro berukuran 13-16 inci dengan ukuran yang lebih besar dan berat.

Sedangkan MacBook Air 2020 dibuat lebih tipis dan ringan dengan ukuran 13 inci. Oleh karena itu, banyak yang lebih menyukai MacBook ini karena lebih elegan dan mudah dibawa kemana mana.

2. Kualitas Layar

source: pexels

source: pexels

Selanjutnya perbandingan kualitas layar. MacBook Pro memiliki kualitas yang sangat baik tergantung versi yakni 13,3 inci beresolusi hingga 2.560 x 1.600 piksel, dan 16 inci beresolusi hingga 3072 x 1920 piksel.

Sedangkan MacBook Air 2020 memiliki kualitas layar Retina ukuran 13,3 inci dengan LED-Backlit Glossy Widescreen yang bisa mendukung resolusi hingga 2.560 x 1.600 piksel.

Dari perbedaan yang sangat mencolok ini bisa disimpulkan bahwa MacBook Pro sangat cocok menjadi laptop untuk Anda yang bekerja di bidang desain grafis.

3. Kapasitas Penyimpanan

source: pexels

source: pexels

Jika dibandingkan dengan kapasitas penyimpanan kedua MacBook ini tidak jauh berbeda. Khususnya antara MacBook Air 2020 dengan MacBook Pro 13 inci.

MacBook Air versi terbaru memiliki kapasitas hingga 16GB dan penyimpanan SSD mulai dari 256GB yang dapat Anda konfigurasi hingga 2TB.

Sedangkan MacBook Pro 2019 yang tak jauh berbeda dengan RAM hingga 32GB dengan penyimpanan SSD hingga 4TB untuk ukuran 13 inci, serta RAM 64GB dengan penyimpanan SSD hingga 8TB untuk ukuran 16 inci.

4. Performa

source: pexels

source: pexels

Performa juga merupakan salah satu komponen yang membedakan MacBook Pro dan Air. MacBook Air 2020 dilengkapi dengan prosesor tergantung versi, yakni Intel Core i3 quad-core hingga versi Intel Core i7 quad-core.

Sementara, MacBook Pro 13 inci menggunakan prosesor Intel Core i7 quad-core, dan MacBook Pro 16 inci dengan prosesor Intel Core i7 dan i9 hingga 8 core.

5. Harga

source: pexels

source: pexels

Setelah melibat perbandingan diatas Anda kini kita akan membahas perbedaan harga kedua produk Apple tersebut yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

MacBook Pro 2019 13 inci dibanderol mulai dari Rp19 jutaan, dan versi 16 inci dijual mulai dari Rp32 jutaan. Harga ini tentu sesuai dengan fitur yang dibawa.

Sedangkan MacBook Air 2020 dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau mulai dari Rp16 jutaan saja.

Itu dia 5 perbedaan MacBook Pro dan Air yang harus Anda ketahui supaya tak salah pilih. Meskipun sama bagusnya, kedua MacBook ini tentunya memiliki perbedaan signifikan yang akan sangat efektif jika Anda memakai sesuai dengan kebutuhan.

  1. Keywords:
  2. Macbook Pro
  3. Macbook Air 2020
  4. Perbandingan Macbook
  5. Harga Macbook
  6. Desain Macbook
  7. Layar Retina Macbook
  8. Kualitas Layar Macbook Pro
  9. Performas Macbook
  10. Kapasitas Penyimpanan Macbook
  11. Apple Macbook