Logo
Sign In

Sunday, 02 June 2024

4 Tren Teknologi Teratas 2021, Mulai dari AI hingga Keamanan Siber

Saat ini teknologi sudah berkembang sangat cepat, ini memungkinkan dunia mendapat perubahan yang lebih baik dan menyebabkan percepatan laju perubahan. Itu artinya manusia haruslah mengikuti tren teknologi baru agar tidak ketinggalan zaman.

Di era di mana teknologi sudah semakin canggih, kini teknologi juga memiliki peran penting bagi kelangsungan hidup manusia, kegiatan manusia sehari-hari juga tak luput dari bantuan teknologi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tren teknologi 2021 yang paling teratas.

Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning

Source: Sasana Digital

Source: Sasana Digital

Banyak orang sudah tidak asing lagi dengan istilah tren teknologi yang satu ini. Artificial Intelligence (AI) atau biasa disebut dengan istilah kecerdasan buatan sudah populer karena berbagai inovasinya yang mumpuni, selain itu juga memiliki potensi untuk merevolusi setiap aspek dalam kehidupan harian seperti bidang ekonomi, kedokteran, dan komunikasi.

Tidak sampai disitu, tren teknologi 2021 ini juga berperan penting di banyak bidang industri, dengan kemampuan mendeteksi dokumen palsu atau pengolahan data. Ada juga Machine Learning yang merupakan cabang AI yang digunakan untuk berfokus pada pengembangan sebuah sistem. Dalam hal ini, cakupannya tidak jauh berbeda dengan AI, dapat berupa pengenalan gambar atau mendeteksi terjadinya kecurangan sistem bahkan data palsu.

Otomatisasi Proses Robotik (RPA)

Source: Mitrais

Source: Mitrais

Hampir sama seperti teknologi AI dan Machine Learning, RPA merupakan alat yang dapat membantu Anda menjalankan tugas agar lebih terstruktur. Misalnya dalam memproses invoice, mengisi data kerja karyawan dan operator akan memasukkan data-data tersebut ke dalam sistem IT yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Namun, adanya tren teknologi 2021 yang satu ini menggantikan peran manusia tapi ini membantu agar pekerjaan yang dilakukan dapat lebih efektif. Otomatisasi Proses Robotik atau RPA ini akan termasuk dalam 25 besar tren teknologi terbesar yang digadang-gadang akan mengubah dekade selanjutnya, menurut buku Tech Trends in Practice karya Bernard Marr.

Teknologi Jaringan 5G

Source: Gencil News

Source: Gencil News

Tren teknologi 2021 berikutnya adalah 5G. Dengan layanan berbasis data yang mampu berjalan lebih cepat dari pendahulunya. Teknologi 5G dapat mengaktifkan layanan dengan basis teknologi canggih dengan lebih mudah seperti AR dan VR. Layanan 5G juga diharapkan mampu digunakan di pabrik-pabrik, kamera HD yang membantu meningkatkan keselamatan, dan manajemen kualitas kontrol. Banyak perusahaan telekomunikasi besar yang sekarang bekerja untuk membuat aplikasi 5G, seperti Verizon, T Mobile, Apple, Nokia Corp, dan QualComm.

Keamanan Siber

Source: Kempalan.com

Source: Kempalan.com

Keamanan Siber tidak tampak seperti teknologi lainnya yang baru muncul, karena tren teknologi yang satu ini sudah ada sejak lama, namun hingga saat ini masih terus dikembangkan seperti teknologi lainnya. Keamanan Siber akan selalu diperlukan untuk melindungi data kita dari para peretas. Semakin canggih teknologi yang dikembangkan, maka keamanan siber yang dikembangkan juga akan semakin canggih yang digunakan sebagai pelindung.

Itulah beberapa tren teknologi 2021 teratas. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat dan dapat memperluas wawasan Anda mengenai tren teknologi terkini.

  1. Keywords:
  2. Tren Teknologi 2021
  3. Kecerdasan Buatan
  4. Artificial Intelligence
  5. Machine Learning
  6. Otomatisasi Proses Robotik
  7. Rpa
  8. Teknologi 5g
  9. Keamanan Siber